Tips Dalam Mensiasati Ruangan Dapur yang Kecil

Saat ini kita semakin sulit menemukan dan membuat rumah-rumah yang besar karena adanya keterbatasan lahan dan biaya. Untuk itu, perlu disiasati bagaimana memanfaatkan dan mempertahankan rumah atau ruangan yang sudah ada, seperti dapur rumah. Luas rumah yang ada di lahan sempit bukanlah halangan untuk menciptakan dapur yang indah. Kejelian mengatur furnitur, memilih warna dan pernak-pernik dapur akan membuat dapur mungil Anda terlihat lapang dan indah. Berikut adalah 3 prinsip yang harus Anda terapkan pada dapur kecil Anda.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecilkan ukuran semua perabot dan peralatan di dapur. Tentu bukan dengan tongkat sulap dan mantera sim salabim. Tapi dengan prinsip bahwa jika Anda punya dapur kecil, akan lebih baik jika Anda tidak punya kulkas tiga pintu atau microwave yang besar. Banyak orang cenderung melupakan bahwa tiap barang yang ditempatkan di dapur pasti akan memakan tempat, meski barang-barang tersebut memang seharusnya ada di dapur. Contohnya, Anda pasti memerlukan kulkas untuk dapur. Itu adalah barang yang tidak bisa diganti. Tapi Anda bisa memilih besar/kecilnya kulkas tersebut. Dan prinsip ini yang harus Anda pikirkan sebelum mengatur dapur Anda.
  • Berikutnya, Anda harus menambahkan cahaya ke dalam dapur kecil Anda. Karena semakin banyak cahaya yang mengalir melalui sebuah ruang, akan membuat ruang tersebut terlihat lebih besar. Banyak desain dapur kecil mengabaikan peran jendela di dapur. Akibatnya membuat dapur kecil terlihat semakin sempit dan gelap. Cara terbaik memperbaiki masalah ini adalah menambahkan jendela dan perhatikan efek yang sangat besar terhadap dapur Anda. Tidak hanya itu, dapur yang terang adalah dapur yang nyaman dan sehat.
  • Terakhir, Anda harus membuka ruang dapur, yang bisa dilakukan pada pintu dapur. Misalnya, pintu dapur Anda yang menutupi sebagian ruang di dalamnya, lebih baik jika Anda melepas pintu itu. Ini akan mempermudah buat siapa saja yang keluar/masuk. Dan hindari meletakkan barang di lantai dapur. Contohnya, menaruh tempat sampah di lantai dapur yang banyak dilakukan orang. Meski ini terlihat wajar di dapur yang luas, tapi akan sangat mengganggu jika Anda lakukan di dapur kecil. Solusinya, Anda bisa letakkan tempat sampah ini di bawah lemari dapur (kitchen cabinet).

Berikut 9 Tips praktis dalam mensiasati ruangan dapur yang kecil agar tampak nyaman, elegan dan maksimal

  1. Rancanglah dapur semaksimal mungkin karena untuk rumah kecil akan terlihat langsung dari ruang makan dan ruang keluarga.
  2. Pilih warna-warna yang cerah untuk memberi kesan lapang. Anda bisa memilih warna-warna hangat seperti oranye, kuning, merah. Tapi sebaiknya pilih yang tak terlalu mencolok. Bisa juga Anda memilih warna-warna dingin seperti biru, hijau, namun pilihlah yang muda dan tak terlalu gelap.Rancanglah dengan cermat di mana Anda akan menyimpan mulai dari peralatan-peralatan dapur, bahan makanan, sampai sampah dapur.
  3. Sesuaikan bentuk dan desain kabinet sesuai dengan tema yang Anda pilih. Dapur yang kecil amat cocok dengan gaya desain minimalis. Namun, tak salah juga bila Anda memilih gaya eklektik atau country.
  4. Cocokkan keramik dan warnanya dengan tema yang dipilih. Keramik sebaiknya dipasang rata di tembok agar tak ada celah antara kabinet dan tembok.
  5. Perhatikan sirkulasi udara, air, dan aliran listrik di mana harus ditempatkan. Bila perlu pasang exhaust fan untuk membuang asap keluar dapur.
  6. Cermin bisa digunakan untuk memberi kesan luas. Bukan hanya melalui ilusi yang diciptakan, cermin juga dapat membantu menghasilkan cahaya yang lebih terang.
  7. Gunakan elemen-elemen yang serupa. Itu akan membuat dapur terlihat rapi dan bersih.
  8. Jangan takut untuk berkreasi. Anda bahkan boleh menggunakan elemen batu alam, lantai beton bikinan sendiri, atau meja kayu dengan sentuhan tradisional yang tak terlalu rapi.
  9. Gunakan wadah-wadah penyimpanan untuk bumbu masak, makanan, atau peralatan agar terlihat lebih rapi.
(berbagai sumber)
Jika anda tertarik untuk memilki kitchen set dapur yang minimalis sesuai dengan kebutuhan ruangan anda silahkan kirimkan model/desain ataupun contoh kitchen set minimalis dapur anda kepada kami, kami akan membuat sesuai dengan selera dan kebutuhan ruang anda, untuk informasi lebih lanjut hubungi :

KONTAK : Bapak SUYATNO

TELP. (021) 9781 2806 / 0812 1890 8631

FAX. (021) 7566 912

Email: mejakerjakantor@gmail.com

Keyword Meja Kerja Kantor:

dapur kecil (26),meja kerja kecil (14),hexos dapur (13),cara menata dapur sempit (12),rak kantor (12),partisi dapur (10),membuat meja dapur sendiri (10),cara menata dapur yg kecil biar rapi (2),menyiasati ruang dapur sempit (1),menyiasati tangga didapur (1),motif tehel untuk dapur (1),menyiasati dapur yang sempit (1),menyiasati dapur kecil (1),pemasangan keramik biar terlihat elegant (1),poto tangga model tehelnya (1),seputar menata ruang dapur sempit (1),Tehel ukuran besar (1),tips memilih pernik interior dapur rumah (1),tips memilih warna cat untuk mensiasati ruangan yg kecil (1),warna tehel yg cantik (1),agar kulkas 1 pintu terlihat rapi (1),meletakkan kulkas didapur sempit (1),meja dapur buat sendiri (1),bikin sendiri exhaust dapur (1),buat meja dapur sendiri (1),cara buat meja tulis kecil di lantai (1),Cara kerja exhaust fan di kitchen (1),cara membuat meja dapur sendiri (1),cara menata dapursempit terlihat rapi (1),cara mengatur peralatan dapur sempit (1),cara mengatur rumah biar bersih dan nyaman (1),cocok warna apa untuk dapur biar terang (1),Dapur mungil rapi dan bersih (1),desain dapur biar dapat cahaya (1),desain kitchen set dan lantai dapur warna hijau (1),hexos buat dapur (1),jika mulut tangga menghadap meja dapur solusinya menurut fengsui (1),warnakeramik yg cocok untuk dapur beton agar kelihatan luas (1)
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.